Ikan Cupang Antara Hobi dan Bisnis

Ikan cupang memiliki jumlah penggemar yang sangat luas, lintas umur, lintas gender bahkan lintas bangsa. Melihat begitu hebatnya jumlah penggemarnya membuka peluang ekonomi sendiri bagi orang yang jeli melihatnya.
Keindahan ikan cupang, selain warna yang menawan, bentuk yang indah ikan cupang juga ternyata memiliki keistimewaan lainnya yang layak jadi primadona.
Ragam cupang sudah sangat banyak, kreatifitas para penghobi serta peternak menjadikannya muncul varian-varian yang sebelumnya tidak ada. Apa yang kita kenal saat ini seperti ikan cupang Halfmoon, serit dan lainnya ternyata merupaan hasil dari proses panjang para pebghobi untuk menghasilkan varian baru yang unik, dengan cara mengawin silangkan antar jenis ikan cupang.
Ikan cupang dapat kita golongkan menjadi 2 kelompok besar; jenis cupang laga alias cupang adu, dan jenis ikan cupang hias. Ikan cupang hias sebagaimana disinggung diatas ada banyak variannya, ada halfmoon, plakat, slayer, doubletile, big ear dan masih banyak lagi. Semua jenis cupang diatas semakin populer dan banyak pepnggemarnya didongkrak dengan adanya berbagai macam kontes ikan cupang, sebagaimana di Jakarta dan tempat lainnya di Indonesia.
Sementara cupang adu mempunyai komunitas tersendiri, para penghobi cupang adu juga memperlakukan secara khusus sebagaimana para penghobi cupang hias, tapi sebagian besar mereka lebih berorientasi agar cupang kesayangan mereka bisa menjadi jawara, mereka berusaha agar cupang-cupang koleksinya memiliki sisik yang kuat tahan banting, gigi yang tajam dan kuat serta mental petarung sejati.
Cupang adu memiliki

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s